Pengertian dan fungsi kolom to cc dan bcc

Email /surat elektronik dewasa ini sudah lazim digunakan untuk berkirim-kirim pesan baik itu di dalam sebuah perusahaan yang dalam sebuah jaringan maupun antar perusahaan dan antar jaringan / melalui media internet. Karena selain sifatnya yang bisa dibuka kapan saja juga lebih efisien dan efektif ketimbang surat pos biasa. Mengingat sekarang internet bukan barang hal yang mahal lagi.

Nah, ketika kita menulis email baru, kita akan dihadapkan pada kolom To, Bcc, Cc, serta kotak tempat kita menuliskan pesan yang akan dikirimkan. Nah yang sering kali diabaikan adalah kolom Bcc dan kolom Cc, apa maksud dari Bcc dan Cc itu?

Kolom To: Disini kita mengetikkan alamat tujuan pengiriman email. Kita dapat mengirimkan sebuah alamat email saja, atau sekaligus beberapa alamat. Setiap alamat email bisa dipisahkan dengan tanda koma “ , ”

Misalnya kita kirim email ke atau to : titoseptiawan@yahoo.com, fb.tito@yahoo.com, dst. Dalam konteks tersebut, penerima satu dan dua dan tiga akan tahu kepada siapa saja email tersebut dikirimkan.

Kolom Cc: Ini merupakan kependekan dari “Carbon Copy“. Ini mirip dengan istilah pertama diatas. Bedanya, kepada  siapa email utama ditujukan, dan kepada siapa salinan email juga akan dibaca. Penerima yang dituliskan dalam kolom To: akan dapat melihat alamat email penerima lainnya, dan begitu juga sebaliknya. Penggunaan seperti ini biasanya digunakan ketika kita ingin memberitahukan pihak lain ketika kita mengirimkan email kepada penerima utama.

Contoh: Saya ingin berkirim email kepada Pak Adi, dan saya ingin pula Pak Yudi menerima salinan email tersebut. Pak Adi tahu bahwa email saya juga dikirimkan ke Pak Yudi (sebagai salinan), dan begitu juga sebaliknya dengan Pak Yudi.

Kolom Bcc: Kependekan dari “blind carbon copy“. Sedikit berbeda dengan Cc: seperti dijelaskan diatas. Disini, semua penerima yang dituliskan dibagian Bcc: tidak tahu kepada siapa saja email tersebut dikirimkan. Seolah-olah, email tersebut dikirimkan satu per satu ke setiap penerima / seolah-olah private. Padahal, kita hanya mengirimkan satu kali, langsung kebeberapa penerima. Satu-satunya alamat email lain yang terlihat adalah alamat email pada kolom To:. Untuk menghindari supaya tidak ada alamat email lain yang terlihat (selain alamat email Anda sendiri), Anda bisa memasukkan alamat email Anda sendiri pada kolom To:, kemudian masukkan alamat email penerima lain dalam kolom Bcc:.

ref:

http://thufail.wordpress.com/2010/10/14/kegunaan-to-cc-dan-bcc-pada-e-mail/

http://www.robertokaban.com/2012/10/pengertian-dan-fungsi-kolom-cc-dan-bcc.html

Semoga bermanfaat

Wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s